Bisa dicerna oleh akal, sesuatu hal yang kecil memang tak ada harganya. Padahal, seribu langkah dimulai dari satu langkah pertama. Gedung yang tinggi dimulai dari satu batu bata pertama.

Maka janganlah kita memandang kecil suatu kebaikan. Sebarkanlah nilai-nilai kebaikan di tengah-tengah manusia. Sungguh, muslim terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi umat manusia.

Karena jika engkau mengamalkannya dengan keikhlashan yang sempurna, maka nilainya BESAR di sisi Allaah!

Walau yang dilakukan adalah sebesar dzarrah (ukuran yang kecil atau sepele), maka itu akan dibalas. Tentu lebih pantas lagi jika ada yang beramal lebih dari itu dan akan dibalas.

رسولُ اللَّهِ صلى اللَّه عليه وآله : مَن قادَ ضَريراً أربَعينَ خُطوَةً عَلى‏ أرضٍ سَهلَةٍ ، لا يَفي بِقَدرِ إبرَةٍ مِن جَميعِهِ طِلاعُ الأرضِ ذَهَباً ، فإن كانَ فيما قادَهُ مَهلَكَةٌ جَوَّزَهُ عَنها وَجَدَ ذلكَ في ميزانِ حَسَناتِهِ يَومَ القِيامَةِ أوسَعَ مِنَ الدّنيا مِائةَ ألفِ مَرَّةٍ .
بحار الأنوار : ۷۵/۱۵/۸ .

Nabi Muhammad al Mustafā (saw): “Siapa yang menuntun orang buta empat puluh langkah pada tanah yang datar, maka ia akan dibalas senilai seluruh dunia penuh emas, ( sebenarnya) itu tidak pantas atas pahala perbuatan kecil untuk hal seperti itu. Dan jika ia mendapati bahaya di jalan yang ia laluinya, ia akan mendapatkan balasan pahala pada hari kiamat dalam timbangan perbuatan baik, lebih besar dari seratus ribu kali hamparan bumi penuh dengan emas”.

Catatan; Bihar al-Anwar, v. 75, p. 15, no. 8.
Sumber : tafsir hikmah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s